Analisis Sistem
Analisis Sistem
Pengertian Analisis Sistem
Analisis sistem merupakan penjabaran dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai macam bagian komponennya dengan maksud agar kita dapat mengidentifikasi atau mengevaluasi berbagai macam masalah maupun hambatan yang akan timbul pada sistem sehingga nantinya dapat dilakukan penanggulangan, perbaikan atau juga pengembangan.
Dalam menentukan konsep suatu sistem, terdapat 2 jenis pendekatan yang di antaranya:
1. Pendekatan berdasarkan prosedur
Menurut Jerry Fitzgerald dan Warren D. Stalling, "sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu."
2. Pendekatan berdasarkan komponen
Pendekatan ini menekankan kepada prosedur tidak saling bertentangan dimana pada pendekatan yang menekankan komponen. Menurut Jerry Fitzgerald, Ardra F. Fitzgerald, Warren D. Stalling mendefinisikan sistem sebagai "sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu."
Fungsi Analisis Sistem
Berikut adalah beberapa fungsi dari analisis sistem yang di antaranya:
• Kita dapat mengidentifikasikan berbagai macam masalah dari pemakai.
• Kita akan menentukan secara jelas mengenai apa saja yang harus dicacat untuk dapat memenuhi kebutuhan user.
• Dapat memilih metode alternatif dalam akan memecahkan masalah pada sistem.
• Dapat merencanakan ataupun menerapkan rancangan sistem sesuai dengan apa yang diinginkan user.
Langkah-langkah dalam menganalisa sebuah sistem
Di
dalam tahap analisis sistem terdapat beberapa langkah-langkah dasar yang
harus dilakukan oleh analis sistem, yaitu:
1. Identify, merupakan mengidentifikasikan masalah
2. Understand, merupakan memahami kerja dari sistem yang ada
3. Analyze, merupakan menganalisis sistem
4. Report, merupakan membuat laporan hasil analisis
System Analyst
system analyst atau sistem analis merupakan kunci dalam proses pengembangan sistem. Sistem analis mempelajari masalah dan kebutuhan dari organisasi ataupun perusahaan bagaimana data, informasi, manusia, komunikasi, dan teknologi informasi dapat meningkatkan pencapaian bisnis. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam suatu proses analisa dan perancangan sistem informasi.
System Analyst |
Programmer |
---|---|
Tanggung jawab pada sistem keseluruhan | Tanggung jawab terbatas pada pembuatan program |
Pengetahuan harus luas (termasuk aplikasi yang ditangani) | Pengetahuannya cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilities, dan pemograman |
Pekerjaan dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar | Pekerjaan bersifat teknik |
Melibatkan banyak orang(sesama analis, programmer dan pemakai) | Tidak melibatkan banyak orang(hanya sesama programmer dan analis sistem) |
- Analisa memiliki arti untuk memahami organisasi, keahlian dalam memecahkan masalah, serta pemahaman sistem.
- teknis memiliki arti memahami potensi dan limitasi dari suatu teknologi.
- manajerial memiliki arti kemampuan untuk mengatur proyek, sumber daya resiko dan perubahan.
- interpersonal memiliki arti berkomunikasi dengan orang lain.
- Pengambilan data yang efektif dari sumber bisnis.
- Aliran data menuju ke komputer.
- Pemrosesan dan penyimpanan data dengan komputer.
- Aliran dari informasi yang berguna kembali ke proses bisnis dan penggunanya.
Komentar
Posting Komentar